Kiat Melamar Pekerjaan Hingga Menunggu Tawaran di Qatar

Indonesia Satu Manajemen,
14 Mei 2022 - 19:21

Sebelum melamar pekerjaan, alangkah lebih baik ketahui terlebih dahulu bidang apa yang sesuai dengan minat dan latar belakang pendidikan. Yakinkan diri untuk memilih mana yang sekiranya bisa menunjang karir di masa depan.

Qatar merupakan salah satu negara yang menyediakan beragam industri untuk tenaga kerja asing. Terlebih, dengan adanya minyak dan gas menyokong taraf hidup dan pendapatan cukup tinggi. Setelah menemukan pekerjaan mana yang sesuai, kini saatnya melamar!

  • Melamar pekerjaan di Qatar

Mencari pekerjaan di Qatar bisa memakan waktu. Namun setelah menemukan peluang, saatnya memulai proses aplikasi. Secara umum, caranya sama dengan di Indonesia. Mulai dari mengirimkan CV dan surat lamaran. Kemudian tahap wawancara baik langsung maupun lewat video call/telepon. Jika diterima lanjut ke tahap berikutnya hingga menegosiasikan rincian kontrak. Rata-rata seluruhnya memakan waktu sekitar empat minggu atau dua bulan.

Dalam curiculum vitae, cantumkan informasi kontak, email dan nomor telepon. Tulis dengan detail penglaman profesional dan pendidikan. Karena Qatar adalah lingkungan internasional, keterampilan bahasa adalah kunci. Beri nilai plus pada CV dengan mencantumkan minat serta bakat. Kirim bersama surat pengantar yang ringkas, padat serta jelas.

Satu hal yang perlu diingat adalah perlunya mempersiapkan diri untuk wawancara. Kandidat harus berpakaian sopan serta rapi. Tidak boleh ketinggalan untuk mencari informasi terkait perusahaan sebelumnya.

  • Dukungan sambil mencari pekerjaan

Tenaga kerja asing tidak berhak atas tunjangan pengangguran. Maka dari itu harus siap menghidupi diri sendiri sambil mencari pekerjaan di Qatar. Agar lebih produktif, barengi dengan meningkatkan keterampilan berbahasa, baik Inggris maupun Arab. Mungkin juga ikut pelatihan seperti pemasaran SEO, kepemimpinan, dan lain sebagainya.

 

Dengan giat berusaha, pada akhirnya Anda akan menemukan pekerjaan impian di Qatar. Pastikan lengkap dokumen agar atasan bisa mengurus bisa kerja. Selamat bekerja! 

Lapor Pengaudan
Logo WhatsApp